after effects transisi tutorial animasi dasar notink studio

Tutorial Animasi Dasar After Effects : TRANSISI

Nah kali ini kita akan posting Tutorial Animasi Dasar After Effects : TRANSISI. Wah kok ngadak ngadak jadi posting Animasi nih? Tenang… Kita dari Notink Studio mencoba beradaptasi dan memang harus beradaptasi. Permintaan akan desain yang bergerak dalam bentuk video atau animasi semakin banyak nih.

Jadi ya kita harus mulai secepatnya beradaptasi biar tidak ketinggalan sama teman – teman yang lain yang sudah duluan.

Kalo desain grafis itu dasarnya… nah lanjutan atau next stepnya adalah menggerakan desain grafis tersebut atau dalam kata lain bisa dikatakan animasi.

Kenapa Belajar Animasi Dasar Harus di After Effects?

Tidak harus sih… Jadi begini ceritanya…

Memang banyak software animasi yang bisa kita pelajari. Namun saran kami untuk mulai masuk dalam dunia animasi sebaiknya mulailah dengan Adobe After Effects. Setidaknya 2 alasan penting menurut kami.

1. Fleksibel

Dengan memahami dasar – dasar di After Effects, kita akan sangat mudah memahmi fitur – fitur di aplikasi sejenis. Bahkan mungkin nanti bisa dibandingkan mana yang lebih lengkap fiturnya jika sudah memahami dasarnya.

Selain itu dari segi input file mulai dari gambar, suara atau video hingga effect, Adobe After Effects ini support banyak jenis file. Contoh kita bikin desain di Photoshop nah layer layernya bisa terbaca semua di Adobe After Effects. Selanjutnya kita tinggal gerak gerakan aja jadi sebuah animasi.

Begitupun dengan file outputnya yang banyak sekali pilihan sehingga kita bebas menentukan file akhirnya. Baik itu format filenya, ukuran filenya hingga dimensi layarnya. Bebas sebebas – bebasnya.

2. Ready To Next Step

Selain fleksibel, jika kita sudah memahami Adobe After Effects minimal dasarnya aja, nantinya akan sangat mudah jika ingin melangkah lebih jauh ke software animasi atau video yang lebih khusus.

Misal jika ingin membuat film pendek nih, kita butuh Adobe Premiere Pro. Memang sedikit berbeda tapi kami jamin tidak akan terlalu kesulitan jika sudah paham After Effects. File After Effects pun bisa diintegrasikan di Premiere Pro. Jadi enak pokoknya mah.

Begitupun jika ingin main ke animasi 3D misal aplikasi Blender yang kita pilih. Mudah juga nanti diintegrasikan dengan After Effects.

Pokoknya tidak rugi deh belajar Animasi Dasar menggunakan After Effects.

Berawal dari Dasar Animasi yaitu TRANSISI

Untuk mempermudah kita coba untuk membuat tutorial dari yang paling dasar supaya mudah dipahami step – stepnya. Dan yang pertama ini adalah Tutorial Animasi Dasar After Effects : TRANSISI

Transisi adalah teknik dasar namun fundamental yang harus dipahami sebelum melangkah ke tutorial yang lebih kompleks. Transisi ini yang akan sering dipergunakan juga. Jadi sangat penting untuk dipahami ya teman – teman.

Ada beberapa teknik dasar Transisi dalam animasi yaitu :

  1. Scale
  2. Position
  3. Transparant
  4. Rotate

Teman – teman yang sudah memahami dasar desain grafis pasti sudah tidak asing dengan istilah tersebut. Yang membedakan dalam animasi yaitu adanya tambahan patokan yaitu waktu atau timeline yang harus kita konsepkan juga.

Mudah kok…

Tutorial After Effects Dasar Teknik Transisi

Biar tidak kepanjangan tulisan tentang Tutorial Animasi Dasar After Effects : TRANSISI, silahkan langsung saja simak video berikut ini. Karena ini tentang animasi jadi kita sajikan dalam bentuk video supaya lebih mudah menjelaskannya.

 

Itulah Tutorial Animasi Dasar After Effects : TRANSISI yang bisa kita posting kali ini. Doain juga supaya tim kita tetap semangat membuat konten dan konsisten ya…

Karena itu teman – teman wajib subscribe channel kami ya sebagai bentuk dukungan yang tak ternilai bagi kami.

Oh iya… bagi yang belum punya file kalender 2020 segera download. Kami sudah siapkan di postingan sebelumnya.

Salam 😀

 

Leave a Reply